natal identik dengan turunnya salju…tapi itu hanya kita lihat dalam film-film amerika atau eropa…sesungguhnya waktu natal bisa berbarengan dengan musim panas atau bahkan musim banjir seperti yang sedang dialami Indonesia..perbedaan musim pada tempat yang berbeda hanya dipengaruhi satu faktor, yaitu posisi matahari terhadap bumi. Dengan demikian, saya jadi ingin bertanya apakah santa klaus di daerah yang sedang mengalami musim panas tetap memakai baju tebal dan topi kuncungnya? 🙂

natal di Indonesia pada beberapa tahun belakangan malah kerap berbarengan dengan musim banjir atau lebih tepatnya musim hujan (karena hujan belum tentu menimbulkan banjir) hal itu disebabkan karena memang sudah kodratnya wilayah Indonesia mengalami musim hujan pada bulan Desember. walupun global warming konon mengacaukan sistem pergantian musim tetapi tidak akan mengubah bulan desember menjadi bukan musim hujan.

pada bulan desember memang sedang terjadi angin musin barat yang membawa uap air melimpah dari samudera hindia utara yang menyebabkan pembentukan awan di kepulauan nusantara.

Advertisements