apakah Jakarta sudah memasuki musim hujan?

November 10, 2009 pukul 3:46 pm | Ditulis dalam iklim | Tinggalkan komentar
Tag: ,

20091109_22_fy2c_wv_fd

pertanyaan diatas dapat manghasilkan beberapa jawaban, tergantung sudut pandang mana yang digunakan.

jika berdasar kepada buku teks yang saya gunakan ketika SD (tahunnya rahasia :)), bulan november tentunya sudah memasuki musim hujan karena angin muson barat yang bertiup dari benua asia telah memasuki kepulauan Indonesia. angin muson barat bertiup dari bulan agustus hingga bulan maret (koreksi jika keliru !)

jika berdasar kepada cerita nenek-moyang, maka bulan november juga termasuk musim hujan. karena menurut mereka bulan yang berakhiran ber (septem-ber, okto-ber, dst.) adalah bulan hujan.

jika menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Klimatologi, musim hujan akan masuk pada bulan …(bervariasi tiap daerah, lebih jelasnya cek disini)

menurut feeling saya (nah ini sebenarnya inti dari tulisan ini :P), musim hujan memang sudah masuk ke Indonesia, khususnya Jakarta. ada beberapa alasan saya,

pertama beberapa hari lalu angin begitu kencang bertiup sepajang hari yang mencirikan sedang terjadinya peralihan angin. walaupun memang akhir bulan lalu juga terjadi kondisi angin yang sama, tetapi sumber anginnya adalah beda tempat. kali ini bersumber di samudera hindia yang notabene merupakan “pabrik” uap air yang bakal dikirim ke Nusantara, sedangkan angin pada akhir bulan lalu merupakan “efek samping” dari terjadinya beberapa topan di laut cina selatan.

kedua, tahun ini TIDAK akan terjadi kemunduran awal musim hujan yang signifikan. hal tersebut dikarenakan El-nino yang selama ini menjadi pemicu kekeringan, nilainya tipis diatas normal (padahal beberapa pihak sering gembar-gembor mengenai kewaspadaan terjadinya El-nino tahun ini). laporan kekeringan dari daerah pun tidak menunjukan adanya kekeringan yang massiv.

ketiga, pulau Sumatera sudah memasuki musim hujan sejak bulan lalu. sesuai jalurnya hujan akan bergeser dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi + Nusa Tenggara, dst..

keempat, sudah banyak orang yang minta doa turun hujan :p.

kelima, biar suhunya agak adem, supaya cicak ama buaya gak pada ribut karena jakarta bakal kebanjiran n mati lampu…weekss. bta

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: