Siklon tropis Iggy, terdekat dengan Indonesia 2012

Standard

Dengan penguatan “pelan tapi pasti”, Siklon tropis Iggy (sebelumnya saya sebut tropical low Selatan jawa) terus meningkat intensitasnya dan hari ini telah mencapai kategori dua siklon tropis. dengan kekuatan angin mencapai 50 knots (95 km/jam) tentunya disekitar siklon nya bukan di Pulau jawa..heee, tapi kan efeknya tetap kerasa kan?. siklon tropis Iggy diprediksi akan terus menguat mencapai kategori 3 pada esok hari dan terus menguat hingga memasuki daratan (landfall) yang diprediksi terjadi setelah tanggal 29 Jan 2012.

dari jejak yang terlihat pada gambar diatas, secara kualitatif  penilaian orang awam, dapat diambil kesimpulan bahwa ketika sistem bergerk ke arah barat, angin kencang begiu terasa di daratan pulau jawa (jakarta dan sekitarnya khususnya), walaupun langit mendung tetapi relatif tidak turun hujan, namun sejak arah siklon Iggy bergerak ke tenggara, angin di daratan relatif tidak terus menerus sepanjang hari dan malah hujan sering turun walaupun tidak terus menerus. untuk kondisi angin di Samudera Indonesia tentunya tetap dalam kategori cuaca buruk.

 

Advertisements

One thought on “Siklon tropis Iggy, terdekat dengan Indonesia 2012

  1. Ulasan yang menarik. siklon tropis Iggy ini ternyata berpengaruh pada suplai batubara di Cilacap dan sekitarnya.

    Apakah bisa diulas cuaca di wilayah2 tambang batubara? khususnya di Kalteng, kaltim dan Kalsel. Saya yakin penambang, traders dan buyer akan dengan senang hati membacanya.

    kenapa batubara, karena komoditas ini sedang hot dan indonesia menjadi eksportir terbesar saat ini, khususnya untuk thermal coal.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s