Ya, setelah kemarin pihak BoM merilis satu tropical low, hari ini mereka merilis satu tropical low lagi. yang kemarin di sebelah selatan Nusa Tenggara dan yang hari ini relatif di selatan Jawa.

Walaupun letaknya relatif jauh dari Indonesia namun tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan sistem tekanan rendah mempengaruhi kondisi angin dan tetntunya gelombang laut di sekitar Maluku, Nusa Tenggara, Bali dan Jawa. oleh karena itu keberadaan sistem tekanan rendah di Northern Teritory ataupun Western Australia sering hampir mutlak dijadikan acuan bagi prediksi cuaca di bebrapa wilayah Indonesia yang  saya sebutkan diatas.

walaupun kedua sistem tekanan rendah tersebut diprediksi tidak akan bergerak lebih ke utara (perairan Indonesia) dibanding sekarang, namun yang harus cukup menjadi perhatian adalah tropical low yang berada di area Western Australia (relatif di selatan Jawa) karena sistem tersebut diperkirakan meningkat intensitasnya hingga mencapai kategori 2 siklon tropis dalam beberapa hari kedepan dan daerah peredarannya pun relatif stagnan di lokasi tersebut.

Advertisements