Tornado Jepang 6 Mei 2012

Standard

angin tornado menerjang wilayah Tsukuba, Ibaraki, Jepang, 6 Mei 2012, mengakibatkan seorang tewas, puluhan orang terluka dan puluhan rumah hancur.

http://www.japantimes.co.jp/text/nn20120506x1.html
yang menarik perhatian saya adalah informasi yang menyebutkan bahwa “badan meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan tentang adanya tornado tersebut beberapa menit sebelum kejadian”. seperti tertulis pada berita disini

Tterlepas dari Jepang adalah negara maju yang sumber daya manusia dan teknologi nya “jempolan” serta “profesional” nya institusi penanganan bencana, saya ingin mengulik cara Jepang memandang, me-mitigasi dan menangani bencana (dalam hal ini tornado).

informasi pada website jma tentang peluang kejadian tornado

seperti kita tahu, Jepang adalah negara Kepulauan (sama seperti kita), Jepang sering terjadi gempa (sama juga dengan kita kan?), Jepang beberapa kali terjadi tsunami (sama juga kan?), Jepang beberapa kali terjadi tornado (apakah sama?). memang di Indonesia kita jarang mendengar kejadian tornado, tapiiiiii….sering sekali mendengar angin puting beliung kan? nah, mereka adalah satu keluarga. sama-sama terjadi akibat tekanan rendah, sama-sama angin berputar dan yang pasti sama-sama membuat kerusakan. lalu, dengan karakteristik alam yang mirip (paling tidak berdasarkan kepualaun nya) apakah kita mampu memprediksi terjadinya tornado (puting beliung)?,  mari kita tanya galileo! eh BMKG maksudnya, apakah mampu?.

gambar dari dailytelegraph.com

jika kita mampu memprediksi kejadian tornado (puting beliung) dan menginformasikan kepada masyarakat secara realtime, maka saya yakin korban jiwa akan banyak yang tertolong. karena tiap tahun nya, ratusan kejadian puting beliung terjadi di Indonesia dan merenggut puluhan jiwa serta kerugian benda yang tak ternilai. jika kita mampu menghasilkan informasi mitigasi bencana yang efektif serta tepat waktu dan tepat sasaran, maka kita akan banyak membantu sudara-saudara kita terhindar dari kerugian. dan semoga itu akan menjadi pahala untuk bekal kita di akhirat..hehe..amiiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s