Cara download data iklim gratis

Mei 10, 2012 pukul 9:26 am | Ditulis dalam iklim | 110 Komentar
Tag: , , , , , ,

meluncur saja langsung ke http://www7.ncdc.noaa.gov/CDO/dataproduct

select “surface data global, summary of the day”

 

pilih negara yg diinginkan

 

next

 

pilih stasiun iklim yang diinginkan, perhatikan tahun ketersediaan data nya


atur range data yang diinginkan


klik kanan, save link as


selesai download, tinggal buka/import ke Ms. EXCEL atau sejenisnya


selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

NB: SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU !!!, BACA DENGAN SEKSAMA ATURAN MAIN NYA (dari NCDC, NOAA). YANGPASTI, DILARANG KERAS MENGGUNAKAN DATA TERSEBUT UNTUK TUJUAN KOMERSIL. UNTUK TUHUAN KOMERSIL LEBIH BAIK HUBUNGI Apotek BMKG TERDEKAT.

110 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. pembaca yang budiman, bagi yang sudah berhasil download, mungkin bisa share pengalaman nya disini. terimakasih

    • Makasih buat infonya mas. Sy mau tanya, keterangan di tabel tuh apa aja? Misal: DEWP SLP STP VISIB WDSP MXSPD GUST MAX MIN PRCP SNDP FRSHTT. Mohon balasannya🙂 makash sblmnya

      • bisa di cek di komentar2 sebelumnya

  2. terima kasih info nya, saya dah berhasil mendapatkan datanya

    • sama-sama…tetapi mohon ingat tujuan penggunaan ny ya…thx 🙂

  3. maksih info nya ,,saya jadi bisa menggunakan data NOAA..
    kak,,kalau pake satelit Mtsat ,,bagaimana download data nya ?

  4. terima kasih infonya,, sangat bermanfaat..
    keterangan parameter2nya ada di mana ya? misal: WDSP, MXSPD, dll
    terima kasih

  5. kalau yang lengkap sama arah angin ada enggak ya, mas?

    • iya pak, sayang sekali arah angin tidak ada, yang ada cuma windspeed. kl boleh tau, untuk apa ya arah angin nya? thx

  6. itu kok saya nggak bisa buka di excel yaa mas? makasi

    • karena pada saat save as dalam bentuk text (*.txt) seharusnya bisa dibuka di program spreadsheet apapun (termasuk MS.Excel)

  7. wah maksi banyak nih, sangat bermanfaat, aku berhasil ^-^ mendownloadnya
    senengnya, klo posisi koordinat stasiunnya ada ngak mas??

  8. mas permisi. saya butuh data curah hujan semarang untuk keperluan data skripsi. kalo dari instansi sangat mahal. apakah ada yang menyediakan data curah hujan secara gratis?

    • untuk wilayah semarang bisa di cek list CDO dengan nama stasiun semarang dan semarang / ahmad yani

      • cek list CDO itu yg mana ya mas?
        saya butuh data hujan daerah semarang untuk rentang waktu 30th, untuk tesis
        mohon bantuannya

  9. selamat malam semua..
    saya mohon bantuan bagaimana mencari data klimat di DIY untuk dihiting besarnya evapotranspirasi bulanan dengan persamaan Penman-Monteith, Hargreaves, dan Thornthwaite’s
    mohon bantuannya untuk tugas kuliah saya, terimakasih..

  10. terimkasih banyak linknya serta petunuknya…
    ini bermanfaat sekali, semoga tambah sipp blognya..!! ^0^

  11. oh iya mas, dat kelembapan udara disitu ada nggak mas kalo ada bacanya yang disebelah mana…??

  12. terima kasih sudah bisa di download, hanya sayang datanya tidak lengkap per harinya, data anginnya kurang data arah angin.

  13. Mas saya tidak berhasil mendownload data kecepatan angin karena diblock oleh google chrome. bagaimana agar berhasil ya mas? Tks

  14. kalo mau data frekuensi arah dan kecepatan angin bisa dapat dari mana ya??
    saya perlu buat skripsi.

    • Hi, coba hubungi stasiun cuaca terdekat (BMKG, PU, Perhutani, dll.)

  15. Flag 124-124 Char A = 1 report of 6-hour precipitation
    amount.
    B = Summation of 2 reports of 6-hour
    precipitation amount.
    C = Summation of 3 reports of 6-hour
    precipitation amount.
    D = Summation of 4 reports of 6-hour
    precipitation amount.
    E = 1 report of 12-hour precipitation
    amount.
    F = Summation of 2 reports of 12-hour
    precipitation amount.
    G = 1 report of 24-hour precipitation
    amount.
    H = Station reported ‘0’ as the amount
    for the day (eg, from 6-hour reports),
    but also reported at least one
    occurrence of precipitation in hourly
    observations–this could indicate a
    trace occurred, but should be considered
    as incomplete data for the day.
    I = Station did not report any precip data
    for the day and did not report any
    occurrences of precipitation in its hourly
    observations–it’s still possible that
    precip occurred but was not reported.

    saya lihat keterangan presipitasi ada simbol huruf A-I, bisa tolong jelaskan tidak msng2 simbol huruf ini bila ingin diterjemahkan ke dalam curah hujan harian bagaimana?

    tadinya saya berasumsi kalau 6hour precipitation amount itu harus dikali 4 agar mnjadi 1 hari dan 12hour harus dikali 2 agar mnjadi 1 hari.. apa benar bgitu? terima kasih..

  16. FYI, saat ini sudah terdapat banyak stasiun cuaca otomotis yang mampu mengirim informasi pengukuran unsur-unsur cuaca dengan durasi tertentu (bisa tiap jam, 6 jam, bahkan hitungan menit). bisa jadi (CMIIW) si NCDC ini secara prosedural menerima report dari stasiun cuaca di seluruh dunia tiap 6 jam, dan tentunya banyak yang tidak memberikan report 4 kali dalam 24 jam, maka dibuatlah flag-flag dalam bentuk huruf diatas.

    A= hanya ada satu kali 6 jam report dalam 24 jam
    B= penjumlahan 2 kali report
    C= penjumlahan 3 kali report
    D= penjumlahan 4 kali report
    E= 1 kali report untuk data 12 jam
    F = penjumlahan 2 kali report untuk data 12 jam
    G= 1 report harian
    H= curah hujan ‘nol’ milimeter
    I= stasiun cuaca tidak mengirim report

    Demikian, semoga bisa membantu. jika ada hal lain bisa kirim kesini lagi.

    terimakasih

    • Jadi gmn perhitungannya gan terhadap simbol ABC dst? Apa diabaikan aja yaa

      • iya saya juga belum dapat jawabannya ttg itu,,,ada yg bisa jelaskan???

  17. mas kalo saya cari data tabel curah hujan kota palu 10 tahun terakhir tapi yang perbulan bukan perhari . caranya gimna ya?
    ada tugas geo nih

    • simple, jumlahkan saja curah hujan harian dalam satu bulan, maka muncullah curah hujan bulanan.

      • untuk curah hujan bulanan apakah pembaginya jumlah hari pada bulan tsb. atau jumlah bulan yang tercantum didata? tks

      • curah hujan bulanan = penjumlahan curah hujan harian

  18. Mohon maaf ms, saya mau tanya.saya sedang mencari data curah hujan di ranai, Natuna. nah setahu saya, data curah hujan itu dalam milimeter.nah yg ingin saya tanyakan dari data yg saya download diatas, keterangan curah hujannya yang mana y?mohon pencerahannya. Di data yg terdownload hanya ada keterangan terkait temperature

    • curah hujan ada pada kolom PRCP dengan satuan inch, lanjut saja dikonversi ke milimeter (1 in= 2.54 mm)

  19. Assalamu Alaikum….Saya sudah coba ini program, dan saya mendapatkan data….cuma saya bingung menentukan stasiun wilayah yang ingin saya ambil datanya…..Bisa bantuin saya ….saya mau ambil data iklimnya kabupaten sinjai propinsi Sulawesi-selatan..itu masuk stasiun mana yah….terima kasih..

    • Waalaikumsalam, Pak Muhlis yang budiman, mungkin bapak lebih baik browsing data iklim ini via versi webgis, bisa dilihat postingan saya berikut ini https://sediapayung.wordpress.com/2014/06/11/download-data-iklim-via-webgis/ .keuntungan browse via webgis adalah dapat mengetahui titik statiusun terdekat dengan wilayah kita. di webgis NCDC ada overlay peta administrasi, peta jalan, dan gambar satelit yang memudahkan kita memilih lokasi stasiun yang kita inginkan.

  20. selamat siang…data ini saya rasa kurang lengkap…tidak merata di seluruh indonesia ya?say alagi nyari untuk kota batu dan malang jawa timur, tapi data tersebut tidak tersedia…

    • Ya…betul sekali tidak lengkap…mungkin bisa pinjam tagline “Ini Indonesia Bung” :p

      BTW, untuk wilayah Malang Raya memang hanya tersedia data milik Bandara Abdul Rachman Saleh, itupun hanya tersedia pada rentang waktu 03/07/1975 – 22/07/2002.

  21. salam kenal, saya mau tanya2 boleh ya.. saya lagi belajar tentang iklim, cuaca dan kawan2nya. saya menelusuri web http://www.esrl.noaa.gov/psd/data/usclimdivs dan mendapat map mean temperature di USA periode 1973-1993 dan 1994-2014. Dalam kedua map itu, rentang perubahan rata2nya 10 derajat fahrenheit. Apa mungkin dalam kurun waktu 20 thn di satu daerah suhu rata2nya naik 10 derajat Fahrenheit? atau saya salah mengartikan map itu? menurut referensi lain, kenaikan suhu per decade di USA sekitar 0.5 derajat F. mohon pencerahannya. Terima kasih.

  22. arigatou (kalo masih aktif)

  23. terima kasih, info ini sangat membantu🙂
    tapi saya mau tanya, kebetulan saya butuh data curah hujan. pada file tsb, data hujan yg mana ya? soalnya bingung pake singkatan gitu. mohon dibantu… terima kasih banyak

    • cari saja kolom PRCP

  24. Terimakasih infonya ya mas,
    ini ngebantu banget buat tugas kuliah ;DD

  25. maap mas, ini saya hasil download link nya berupa notepad. biar ke excel gmn caranya?
    thank you

    • open excel blank dl mba.. next open datanya.. bukan bgtu mas Sedia payung??🙂

  26. terima kasih infonya,, v saya juga butuh data arah anginnya mas,, gimana ya mas??

  27. terima ksih infonya,, sngt bermanfaat nh… klo mau buka web gisnya apa mesti dr adobe flas player ya mas??

    • seperti halnya membuka youtube, memang harus menggunakan browser yang sudah diinstal flash player nya pak.

  28. gila gan info ente ajib banget thanks ya. semoga kebaikan ente dibalas sama yg diatas heuheu

  29. mas.. informasinya sangat membantu sekali… ada contact atau email yang bisa dihubungi tidak mas? kebetulan saya sedang penelitian mau nanya2… btw.. d data tsb tdk ada utk kelembaban realtifnya ya mas? trims sebelumnya

    • nih ada referensi penghitungan relative humidity

      http://andrew.rsmas.miami.edu/bmcnoldy/Humidity.html

      dari data yang anda dapatkan terdapat kolom TEMP (T) dan DEWP (Td).
      formula di laman referensi diatas hanya memerlukan kedua nilai temperatur tersebut.

      semoga membantu.

  30. maaf mas mau tanya cara import ke excel gimana ya??? saya akan gunakan ini untuk kebutuhan skripsi…. terima kasih

  31. Data ini hasil pengukuran apa dari model ya Mas? Semacam GCM gitu kah?

    • data tersebut adalah data pengukuran masing2 negara anggota WMO yang wajib “disetorkan” kepada WMO. tetapi menurut yang sudah pernah pakai data NCDC (WMO) tersebut, angka-angka nya kurang mencerminkan realitas unsur cuaca di lokasi yang bersangkutan. tetapi menurut hemat saya, data ini lebih baik dibandingkan data model (GCM-red), bagaimanapun ini adalah data pengukuran langsung.

  32. mas, maksudnya angka2 itu apa ya?? hehe maaf masih belajar . .
    trus, gimana baca datanya ??
    truss pada baris pertama, kayak temp, dewp, slp, stp, visib, wdsp, mxspd, gust,prcp, sndp, frshtt itu maksudnya apa?? . . hehe maaf banyak tanya . .

  33. Mksh bnyk gan

  34. selamat siang mas, saya mau bertanya mas.kebetulan saya udah download datanya nah saya binggung mas, kalo nyari data tentang suhu perairan laut jepara itu make data yg mana ya mas?? apa make data temp nya? itu suhu udara apa suhu perairan ya mas?? tolong pencerahannya mas lagi butuh buat tugas akhir mas

  35. ass …
    gan bagaimna cara mencara data curah hujan BMKG POSO

    • BMKG langsung ke kantor BMKG gan, kalo Poso mungkin yang terdekat di bandara Palu

  36. ass. gan knapa alamat web http://www7.ncdc.noaa.gov/CDO/dataproduct tdk bisa terbuka mohon bantuannya

    • sudah bisa lagi gan

  37. gan kenapa alamat webnya tdk bisa terbuka mohon bantuanya

  38. selamat sore mas…
    saya butuh data hujan harian wilayah semarang untuk rentang waktu 30th
    untuk keperluan tesis
    sy sudah coba buka link di atas, tp service unavailable
    itu knp ya mas?
    trmksh

    • saat ini link sudah bisa lagi

  39. selamat pagi, kenapa linknya tidak bisa dibuka?

    • ternyata sudah bisa, tapi kalau mau mendapatkan data bulanan gimana caranya?
      terima kasih

  40. selamat siang mas kalau saya butuh data durasi hujan/hari untuk 10 tahun itu dimana ya mas?? saya butuh untuk tugas akhir😦

  41. thank you so much, sya berhasil mendowload nya…. oh ya mas th data angin nya per hari ya ???

  42. Mas itu datanya valid kan?
    Kalau di gunakan untuk data skripsi tidak beda jauh kah dengan data milik BMKG,,?

    • sebaiknya dikonsultasikan dlu dengan pembimbing, karena sepengetahuan saya dari testimoni orang, angka dari sumber ini berbeda dengan angka dari BMKG, meskipun menunjukan POLA yang mirip.

  43. tidak bisa di download datanya…

  44. mas, sy mau tanya. sy ini sdh dpt datanya tp itu data curah hujan perkota. klo sy mau ambil data curah hujan di kabupaten tertentu, itu gmn caranya? terima kasih..

    • pada prinsipnya data-data ini mewakili titik (yaitu lokasi stasiun cuaca bearada), jadi data tersebut “bisa” digunakan untuk merepresentasikan kecamatan. semua tergantung tujuan dan akurasi yang ingin dicapai dari penggunaan data tersebut. menurut saya data-data ini masih bisa digunakan untuk mewakili kecamatan dimana data tersebut berasal (lokasi stasiun cuaca berada).

      contoh: data stasiun cuaca Halim PK bisa mewakili kecamatan Maksasar, Jakarta Timur.

  45. maaf, maksudnya data curah hujan di kecamatan tertentu..

  46. saya nggak bisa download, selalu error kak…

    • saat ini link tersebut bisa saya akses (menggunakan browser google chrome)

  47. Maaf mas saya mau nanya kok sekarang ga ada pilihan buat downloadnya malah minta email, gmna ya?

  48. mas data DEWP SLP STP VISIB WDSP MXSPD GUST MAX MIN PRCP SNDP FRSHTT pakai satuaan apa ???

  49. maaf mas sy coba buka webnya kok gak bisa, gmna ya mas?

    • Coba pake browser lain pak

  50. mau nanya mas, kalau untuk yang data klimatologi rata rata pertahunnya aja ada kah? terima kasih sebelumnya

  51. Pagi mas, kalau boleh tau, ingin cari data wind speed dari QuickSAT bagaimana ya, apa linknya, makasih

  52. mau tanya mas, kalau data curah hujan untuk aliran bengawan solo memakai titik pengamatan yang mna saja?? di karenakan untuk keperluan penelitian
    trima kasih sebelumnya mas🙂

  53. mas mau tanya,, saya mau download data curah hujan untuk wilayah daerah aliran sungai bengawan solo untuk keperluan penelitian?? di situ saya download titik yang mana saja??
    trima kasih sebelumnya mas

    • https://sediapayung.wordpress.com/2014/06/11/download-data-iklim-via-webgis/?wref=tp

      coba link diatas, nanti pilih overlay layer nya pakai imge/DEM, akan ketahuan titik2 stasiun yang ada didalam DAS

      • Mas saya mau cari data curah hujan pada Maluku di Global Summary of the Day (GSOD) tidak tertera kota Maluku atau ada nama lainnya Maluku tersebut ?

      • untuk lebih mudahnya bisa browsing menggunakan webgis nya ncdc https://gis.ncdc.noaa.gov/maps/ncei/cdo/daily, search saja maluku nanti bapak bisa pilih titik mana yang akan digunakan.

        klik map tools (gambar kunci-palu), select titik yg dituju, acces data…

  54. kalau data mengenai humidity bisa didapat dari man ya?, saya tidak dapat melihat ada paremeter humidty web itu. apa ada masukan lain ?

    • mohon cek balasan pesan tanggal 18 Des 2014.

  55. Mas caranya mendapatkan arah angin secara lengkap bagaimana ?
    untuk keperluan skripsi

    • bisa cek ke dataonline.bmkg.go.id
      bisa lihat katalog stasiun dan ketersediaan data terlebih dahulu (tanpa registrasi)
      jika data yag dibutuhkan tersedia, bisa registrasi untuk mendapatkannya.

  56. mas untuk stasiun pondok betung wilayah jakarta ada gk ?

  57. mas data CH untuk stasiun pondok betung wilayah jakarta ada gk?

    • silakan cek ke BMKG

  58. mas mau tanya kloa yang laju angin rata2 harian satuannya apa ya? terima kasiiih🙂

  59. mantap mas. cuma tinggal satu parameter lagi yang saya masih bingung. merubah nilai visibility ke parameter sunshine (“hours of sunshine” atau “% of daylength” atau “fraction of daylength”) udah nyari di si “mbah” tapi ngga ketemu. mohon pencerahannya ya. selangkah lagi buat nyari ETo.

  60. malam mas sy mau download data curah hujan tp terjadi error mohon bantuannya🙂 makasih

  61. arti nilai 9999 pada data online bmkg adalah tidak ada data, apakah = 0 mm atau dengan kata lain pada saat itu tidak terjadi hujan?

  62. arti nilai 9999 pada data online bmkg adalah tidak ada data, apakah = 0 mm atau dengan kata lain pada saat itu tidak terjadi hujan

  63. mas kok saya gx bs downladnya ya katanya error..

  64. mas saya coba download kok gx bs ya,katanya error..

  65. ass mas, saya mau cari data suhu, kelembaban, kecepatan angin, dan arah angin untuk daerah solok selatan…

  66. kenapa data angin yang saya ambil tidak dikirim ke email saya, apa NNDC Climate data online sudah tidak tersedia???

  67. Subhanallaahhh… mimin,, sangat membantu sekali,, terutama utk mahasiswa latar belakang geografi…

    Terima kasih banyak mimin.. semoga berkah sdh bantu orang banyak…

  68. Subhanallaahhh… terima kasih mimin utk infonya… sangat membantu, terutama utk mahasiswa latar belakang geografi

    Mudah2an mimin selalu dapat keberkahan ya…


Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

