Waspada cuaca Buruk 24 Februari 2013, hujan dan angin kencang

Februari 23, 2013 pukul 11:43 am | Ditulis dalam cuaca, siklon tropis | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,
Citra Satelit MTSAT tanggal 23 Feb 2013 pukul 11 WIB

Citra Satelit MTSAT tanggal 23 Feb 2013 pukul 11 WIB

Dalam beberapa hari belakangan ini, mendung selalu bergelayut di langit Indonesia, begitupula hujan sedang hingga lebat sering menghampiri daerah-daerah di Indonesia.

Sepertihalnya angin kencang-angin kencang yang sebelumnya terjadi di Indonesia, dua atau tiga hari belakangan ini makin intens terjadi di Jakarta khususnya. Selidik punya selidik, ternyata memang ada sistem tekanan rendah di Samudera Hindia/ Indonesia.

IDA00041

website http://www.bom.gov.au dalam laman topical cyclone memberikan keterangan bahwa telah muncul “tropical low” di lintang 15 selatan. berdasarkan pengalaman saya, jika terdapat sistem tekanan rendah di Selatan Indonesia, angin kencang akan lebih “terasa” pengaruhnya pada tahap-tahap awal pembentukan siklon tropis, baik pada tahap tropical deppression maupun tropical low. apalagi lintang 15 relatif dekat dengan wilayah Indonesia untuk ukuran kejadian siklon tropis. ciri lain dari cuaca buruk akibat diklon tropis adalah hujan dengan intensitas rendah maupun sedang dengan sebaran waktu yang “kurang jelas”, bisa pagi hari, bisa malam hari ataupun beberapa kali adalam sehari dengan intensitas rendah hingga sedang.

IDW60280

mengingat lintang 15 adalah relatif dekat Dengan indonesia, kewaspadaan terhadap efek sistem tekanan rendah di Samudera Indonesia wajib ditingkatkan. seperti biasanya angin kencang beserta gelombang laut yang tinggi harap sangant diperhatikan, sebaran awan yang luas juga mengganggu visibility praktisi penerbangan, hujan juga bisa menjadi ancaman serius bagi wilayah-wilayah rawan bencana (banjir maupun longsor). Biro meteorologi Australia memprediksi tropical low ini akan meningkan intensitas nya pada hari minggu besok dan meningkat hingga awal minggu depan. walaupun arah pergerakanya menjauhi indonesia menuju barat Aussie, namun efeknya akan tetap terasa di wilayah Indonesia. jadi, tingkatkanlah kewaspadaan anda dalam beberapa hari kedepan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: