BMKG: El-Nino lemah-moderat aktif mulai Juli 2014 di wilayah Indonesia

Juni 19, 2014 pukul 10:49 am | Ditulis dalam ElNino LaNina | Tinggalkan komentar
Tag: ,

http://bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Sestama/Humas/EL_NINO_AKTIF_PERTENGAHAN_TAHUN_2014.bmkg

Sejak bulan Maret hingga awal Juni, suhu muka laut perairan Indonesia masih relatif hangat sehingga persediaan uap air di wilayah Indonesia pada umumnya cukup. Hal ini diutarakan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng saat memberikan penjelasan di depan puluhan media massa, Jumat (13/6) 2014 di Ruang Rapat BMKG yang dihadiri Pejabat Eselon II, III, dan IV. Lebih lanjut, Andi Eka mengutarakan bahwa di wilayah Indonesia diprediksi el-nino lemah hingga moderate. Pada 2014, fenomena el-nino tidak separah tahun 1997 sehingga tidak akan memicu kekeringan yang lebih buruk dibandingkan tahun 1997.

Andi Eka pun mengungkapkan bahwa el-nino diprakirakan mulai aktif antara Juli-Agustus dan mulai dirasakan dampaknya pada bulan Agustus sehingga menyebabkan mundurnya awal musim hujan 2014/2015 di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di kawasan Indonesia Timur.

Sementara Deputi Bidang Klimatologi, Dr. Widada Sulistya DEA saat mendampingi Kepala BMKG mengatakan bahwa puncak angin timuran (dari arah timur) terjadi pada bulan Juni, Juli, dan Agustus dan terjjadi di wilayah Selatan.

Saat ini aktivitas monsun Asia reatif lemah dan ini menyebabkan terjadi peluang penbentukan awan hujan disekitar Sumatera masih tinggi. Sementara nilai indeks monsoon Australia menunjukkan bahwa aktivitas monsun Australia masih kuat. Hal ini tentunya mengindikasikan bahwa pembentukan awan di sekitar Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara sudah semakin berkurang.

Perbedaan Anomali Suhu muka laut di wilayah Samudera Hindia sebelah timur Afrika dan Barat Sumatera (dippole Mode bernilai Positif). Kondisi ini mengakibatkan tidak terjadi potensi penguapan uap air yang signifikan di Wilayah Indonesia Bagian Barat (rn).

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: